Jumat, 22 Juli 2011

Membangun Halaman Web


Aplikasi yang berbasis web sangat mendominasi pada lingkungan internet.

Yang menjadi landasan aplikasi seperti ini adalah HTML. HTML umumnya dibuat dengan menggunakan suatu perangkat lunak pembangkit kode – kode HTML. Sebagai contoh, para pemakai windows biasa menggunakan Microsoft frontpage untuk membuat halaman – halaman web. 

Pada praktenya, aplikasi berbasis web tidak hanya ditulis dengan kode HTML, melainkan juga melibatkan kode – kode lain seperti PHP atau Perl. Tujuannya adalah untuk membentuk halaman yang bersifat dinamis. Perlu diketahui, aplikasi web itu sendiri dapat dibagi menjadi web statis dan web dinamis.

Web statis dibentuk dengan menggunakan HTML saja. Kekurangan aplikasi seperti ini terletak pada keharusan untuk memelihara program secara terus menerus untuk mengikuti setiap perubahan yang terjadi. Kelemahan ini diatasi dengan model aplikasi web dinamis

Dengan memperluas kemampuan HTML, yakni dengan menggunakan perangkat lunak tambahan, perubahan informasi dalam halaman – halaman web dapat ditangani melalui perubahan data, bukan melalui perubahan program. 
Sebagai implementasinya aplikasi web dapat dikoneksikan kebasis data. Dengan demikian, perubahan informasi dapat dilakukan oleh operator atau yang bertanggung jawab terhadap kemutakhiran data, dan tidak menjadi tanggung jawab pemrogram atau webmaster.

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/2018531-membangun-halaman-web/#ixzz1Sqbya08Y

Tidak ada komentar:

Posting Komentar